Informasi dan Pendaftaran PPDB Online SMP SMA Tahun 2017-2018

Perkembangan teknologi dan informasi yang begitu cepat, memberikan dampak dan manfaat yang sangat besar bagi dunia pendidikan. Informasi dengan cepat tersebar lewat dunia maya. Beberapa tahun belakangan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sudah dilaksanakan secara online dan realtime. Meskipun masih banyak juga sekolah yang masih menggunakan sistem konvensional. 

Untuk lebih jelas tentang PPDB online, mari kita simak informasi PPDB online SMP SMA tahun pelajaran 2017-2018 yang dilansir dari Siap Online Kementerian Pendidikan Nasioanal Republik Indonesia.

Sekilas tentang Siap PPDB Online 

SIAP PPDB Real TIme Online, adalah sebuah sistem yang dirancang untuk melakukan otomasi seleksi penerimaan siswa baru (PPDB), mulai dari proses pendaftaran,proses seleksi hingga pengumuman hasil seleksi, yang dilakukan secara online dan berbasis waktu nyata (realtime).

Tujuan

Secara umum tujuan penerapan SIAP PPDB Online, antara lain:
  • Meningkatkan mutu layanan pendidikan.
  • Menciptakan sistem penerimaan siswa baru yang terintegrasi, akurat dan transparan
  • Melaksanakan penerimaan siswa baru dengan lebih praktis dan efisien.
  • Menyediakan basis data sekolah yang akurat.
  • Memberi fasilitas akses informasi bagi masyarakat dengan cepat, mudah dan akurat.

Manfaat dan Keuntungan

  • Bagi Dinas Pendidikan dan Sekolah
    • Memberikan akses yang luas kepada masyarakat
    • Singergitas data antara Dinas Pendidikan dan sekolah-sekolah dalam penyelenggaran penerimaan siswa baru
    • Tersedianya sebuah basis data terintegrasi bagi Pihak Dinas Pendidikan maupun Pihak Sekolah
    • Efisiensi pembiayaan
    • Meningkatkan reputasi sekolah
    • Mengurangi resiko terjadinya KKN.
    • Meningkatkan Sumber Daya Manusia dalam penguasaan Teknologi Informasi.
  • Bagi Siswa dan Orang Tua Siswa
    • Mempermudah untuk mengikuti pendafaran siswa baru
    • Mempermudah akses informasi penerimaan siswa baru
    • Mendapat fasilitas dan pelayanan memuaskan dari pihak sekolah dan dinas pendidikan.
    • Meningkatkan ketertiban kemudahan dalam proses penerimaan siswa baru.
Diagram interkoneksi SIAP PPDB Online

Syarat dan ketentuan PPDB Online 
Layanan SIAP PPDB Online dapat digunakan oleh Dinas Pendidikan / Kemenag / Yayasan di tingkat Kota/Kabupaten dengan syarat dan ketentuan, berikut:
  1. Pelaksanaan PPDB Online dikoordinasikan oleh Dinas Pendidikan / Kemenag / Yayasan setempat.
  2. Petunjuk Teknis / Aturan dan prosedur PPDB di wilayah Dinas Pendidikan / Kemenag / Yayasan di tingkat Kota/Kabupaten setempat telah disepakati bersama dengan PT. Telkom sesuai standar sistem Telkom SIAP PPDB Online yang berlaku.
  3. Peserta PPDB Online adalah minimal 30 sekolah dalam satu wilayah Dinas Pendidikan / Kemenag / Yayasan di tingkat Kota/Kabupaten.
  4. Biaya pelatihan, sosialisasi dan operasional selama proses persiapan hingga pelaksanaan ditanggung oleh pihak Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten setempat.
Info lebih lanjut, silakan kontak padamarketing@siap-online.com atau silahkan menghubungi Account Manager (AM) PT. Telkom terdekat di wilayah Anda.

Fitur Siap PPDB Online 
  1. Multi Model Sistem PPDB Online Online Real Time mampu beradaptasi dengan aturan-aturan pelaksanaan PPDB Online di tiap-tiap daerah sesuai dengan standar.
  2. Real Time ProcessPusat server PPDB Online mengolah data calon siswa secara langsung setiap waktu (Real Time Process) mulai dari proses pendaftaran, penyeleksian hingga pengumuman hasil penerimaan siswa di masing-masing sekolah, tanpa campur tangan pihak lain secara manual.
  3. Basis Teknologi Web Internet PPDB Online Online Real Time memiliki kemampuan portabel agar bisa diakses dari lokasi manapun, aman dan mudah untuk dioperasikan. PPDB Online menggunakan basis teknologi Web yang dapat diakses dengan mudah melalui Internet maupun Intranet (JIS WAN Kota) ataupun Jejaring Pendidikan Nasional (JARDIKNAS) tanpa perlu menambah aplikasi program apapun dari sisi komputer pengguna.
  4. Situs PublikSitus yang digunakan untuk mendapatkan informasi secara up to date mengenai proses pelaksanaan PPDB Online yang berazaskan transparan dan kompetitif.
  5. Akses SMS PPDB Online menyediakan fasilitas informasi proses penerimaan siswa baru melalui SMS.


Pendaftaran PPDB Online

Pendaftaran ini ditujukan untuk Dinas Pendidikan atau Kantor Kemenag Kota/Kabupaten dan tertarik untuk menyelenggarakan SIAP PPDB Online.Isikan formulir dibawah ini, sebelum mengisikan harap membaca Syarat dan Ketentuan penyelenggaraan SIAP PPDB Online dan Biaya Layanan. Jika isian dan syarat sudah sesuai, dari dinas akan menghubungi Anda untuk konfirmasi lebih lanjut.
Silahkan isi formulir dan daftarkan sekolah Anda pada situs resmi PPDB Online di http://produk.siap-online.com/pendaftaran-ppdb-online
Kenali Sistem PPDB Online

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Informasi dan Pendaftaran PPDB Online SMP SMA Tahun 2017-2018"

Post a Comment